EFEKTIVITAS JAMUR Beauveria bassiana TERHADAP HAMA Helopeltis sp. YANG MENYERANG TANAMAN KAKAO

Syamsul Makriful Akbar, Mariani Mariani

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas jamur Beauveria bassiana terhadap hama Helopeltis sp. yang menyerang tanaman kakao. Penelitian ini dilaksanakan mulai bulan Oktober-November 2016 di Laboratorium UPTD. BLPTP Dinas Perkebunan Provinsi NTB, Tibupiling Kecamatan Narmada Lombok Barat. Percobaan ini dirancang menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan perlakuan faktorial. Faktor 1 adalah jenis Beauveria sp. dalam 2 aras yaitu Beauveria bassiana lokal (b1) dan Beauveria introduksi/ komersial (b2). Faktor 2 adalah dosis inokulasi Beauveria sp. dalam 3 aras yaitu: tanpa B. bassiana dosis 0 g per 500 ml aquadest (d0), dengan B. Bassiana dosis 1 g per 500 ml Aquadest (d1), dengan B. bassiana dosis 1,5 g per 500 ml Aquadest (d2). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Jamur B. bassiana isolat lokal BLPTP mempunyai efektivitas yang berbeda dengan jamur B. bassiana introduksi produksi PT. NASA dengan merk BVR, yang mana katagori efektifitas isolat lokal BLPTP berada dalam katagori efektif (63,89%) dan B. bassiana isolat introduksi produksi PT. NASA dengan merk BVR berada dalam katagori sangat efektif (97,22%). (2) Interaksi terbaik terdapat pada perlakuan isolat introduksi produksi PT. NASA dengan merk BVR dosis aplikasi 1 g dan perlakuan isolat lokal BLPTP dengan dosis 1,5 g dengan mortalitas 100% (sangat efektif).

Full Text:

PDF

References


Tumpal H. S Siregar. 2010. Budidaya Coklat, Klasifikasi dan Syarat Tumbuh. Penebar Swadaya. Jakarta. 24-47

A. A. Prawoto. 2013. Panduan Lengkap Kakao, Botani dan Fisiologi. Penebar Swadaya. Jakarta Timur. 38-47

E. Sulistyowati. 2013. Panduan Lengkap Kakao, Pengendalian Hama. Penebar Swadaya. Jakarta Timur.148-151

Sri Sukamto, Qithfirul Aziz, Supandi. 2006. Pelatihan Pengelolaan Organisme Pengganggu Tanaman Kopi dan Kakao, Teknik Perbanyakan dan Aplikasi Beauveria Bassiana Viul. Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Indonesia. Jember 0-3.

Soekadar Wiryadiputra. 2006. Pelatihan Pengelolaan Organisme Pengganggu Tanaman Kopi dan Kakao, Dasar-dasar Pengelolaan Organisme Pengganggu Tanaman Perkebunan. Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Indonesia. Jember 1-2

Anonimous. Beauveria Bassiana. https://id.wikipedia.org/wiki/Beauveria_ bassiana. 11 September 2016.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal SAINTA (Jurnal Pertanian)

ISSN : 2580-4235
Publisher : UNW Mataram
Website : www.sainspertanian.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Counter Pengunjung :